Kontak Kami

( pcs) Checkout

SELAMAT DATANG DI KAMERABEKAS.NET JUAL BELI KAMERA BEKAS SALAM JEPRET
Beranda » Artikel Terbaru » Tips Beli Kamera Bekas

Tips Beli Kamera Bekas

Diposting pada 2 November 2017 oleh Yanuar D. I

tips membeli kamera bekas

Kamera merupakan sebuah alat yang cukup digemari oleh beberapa kalangan lintas generasi. Hal ini tentu terkait dengan semakin maju nya perkembangan teknologi kamera yang semakin baik dalam hal melukis cahaya. Kamera yang ada pada saat ini tentu sangat berbeda jauh dengan kamera pada awal penemuannya. Dan saya pribadi yakin bahwa anda juga salah satu pengguna kamera baik itu kamera pocket maupun kamera yang terselip pada smartphone anda. Namun kali ini kita belum akan membahas tentang perkembangan dan eksistensi sebuah kamera. Hal yang akan kita bahas adalah tips bagaimana jika kita akan membeli kamera dengan kondisi bekas atau second. Cekidott .

  1. Fungsional Kamera

Mencakup apa saja fungsional kamera? Nah, ini menjadi hal paling penting yang harus anda perhatikan ketika akan membeli kamera bekas/second. Fungsional menjadi hal paling penting karena pada hakikatnya sebuah kamera adalah alat. Bagaimana mungkin sebuah alat tidak dapat digunakan sebagai mana mestinya dan sebagaimana fungsinya. Hueheh. Ada beberapa fungsional yang harus diperhatikan, pertama adalah fungsi untuk memotret. Biasanya hal yang terjadi pada kamera bekas adalah terkait dengan mekanika didalam kamera itu sendiri. Misalnya terjadi masalah pada sensor kamera pada saat pengambilan gambar. Fungsional lain yang tidak kalah penting adalah fungsi tombol pada kamera. Semua tombol yang ada pada kamera harus berfungsi dengan baik meskipun kondisi kamera nya bekas ya. Selain itu flash internal dan flash eksternal juga harus berfungsi dengan baik. Bagaimana anda menguji port flash eksternal? Lebih mudahnya adalah dengan menggunakan flash eksternal anda bias meminjam ke bengkel kamera.

  1. Kebersihan Optik

Optik juga menjadi hal yang cukup penting karena hal ini menyangkut dengan hasil gambar yang diambil. Jika sebuah kamera terdapat gangguan debu micro atau jamur pada optiknya maka sudah dipastikan akan mempengauhi hasi jepretannya. Meskipun dalam hal ini optik dapat dibagi menjadi dua kategori yakni debu/jamur yang mempengaruhi hasil dan tidak mempengaruhi hasil jepretan. Optik dalam sebuah kamera juga dibai menjadi dua bagian penting yakni optic pada kamera yang meliputi sensor dan view finder sedangkan optic yang satu lagi yakni lensa. Keduanya harus dalam keadaan bersih tanpa debu atau jamur sehingga kamera bisa dikatakan memiliki kondisi baik.

  1. Shutter Count

Jika sebuah Macbook memiliki fase yang dinakaman Cyrcle Count maka sebuah kamera juga memiliki fase yakni Shutter Count. Shutter count bisa dikatakan sebagai umur sebuah kamera. Lalu berapa umur kamera yang dikatakan memiliki kondisi baik? Hal ini tergantung tipe kameranya, untuk tipe kamera Low End biasanya maksimal memiliki Shutter Count 100.000. Sedangkan untuk kamera Profesional biasanya memiliki jumlah maksimal Shutter count hingga 250.000. Sekedar untuk saran jika anda ingin membeli kamera bekas tipe low end maka usahakan membeli kamera yang memiliki Shutter Count dibawah 30.000. Sedangkan untuk kamera profesional bisa dibeli jika kamera itu memiiki shutter count diawah 70.000.

  1. Kondisi Bodi Kamera

Nah seperti yang saya ulas pada nomor satu bahwa sebuah kamera pada hakikatnya adalah sebuah alat yang diutamakan pada sisi fungsionalnya. Lalu bagaimana dengan bodi?. Jika kita lihat secara mendasar peran bodi pada sebuah kamera hanya bersifat estetik saja artinya tidak terkait fungsional atau sangat sedikit mempengaruhi fungsionalnya. Namun jika masih ada pilihan kamera dengan kondisi lebih baik, maka pilihlah kamera bekas yang memiliki kondisi bodi baik atau mulus.

  1. Kelengkapan Kamera

Saatnya kita melihat pada sisi kelengkapan sebuah kamera. Ada kelengkapan yang penting (harus ada) da nada juga kelengkapan yang jika tidak ada maka tidak pengarruh. Salah satu kelengkapan yang harus ada jika akan membeli kamera bekas adalah baterai dan charger. Nah, baterai dan charger ibarat bahan bakar jika di analogikan sebuah kendaraan bermotor, sangat penting bukan?. Hal yang harus diperhatikan pada sebuah baterai adalah keasliannya. Bagaimana caranya?. Jika baterai tersebut original (bawaan kamera) maka biasanya dibaterai tersebut tertulis nomor seri produksi atau tahun produksi dengan label perusahaan pembuat batera/kamera. Anda diminta hati-hati dalam hal ini karena baterai merupakan hardware yang cukup penting. Selebihnya adalah kelengkapan yang tidak harus ada seperti kardus, manual book dan lainnya. Namun jika anda mengangga semua itu penting ya silakan dipertimbangkan lagi. Huehe..

  1. Harga

Nah kali ini kita melangkah pada sesi terakhir tetapi paling Venting..huehe.. Anda diharuskan update harga pasaran dulu terkait kamera yang akan anda beli. Cara update harga kamera bekas adalah dengan melihat harga tertinggi dengan kondisi kamera bekas paling baik dan harga terendah dengan kondisi kamera paling buruk. Cara ini dapat anda lihat di market media disana ada beberapa barang bekas dengan kondisi yang beragam dan harga yang beragam juga. Nah anda bisa memanfaatkannya sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli kamera bekas. Selain itu halyang harus anda pertimbangkan adalah harga on the road (harga didaerah anda). Barang yang berada didaerah satu mungkin akan berbeda harga dengan barang yang berada didaerah lain hal ini dikaitkan dengan biaya kirim barang ke suatu daerah tertentu. Maka anda juga harus mamaklumi jika harga didaerah anda berbeda dengan harga didaerah lain.

Kurang lebih seperti itu beberapa tips sebelum membeli kamera bekas, anda bisa mencari referensi tambahan jika menurut anda masih butuh informasi mengenasi bagaimana seharusnya kamera bekas itu sebelum dibeli. Semoga bermanfaat.

 

Yanuar D. I

Share Tips Beli Kamera Bekas di Sosmed Andalanmu.

Tips Beli Kamera Bekas | kamerabekas.net

Belum ada komentar untuk Tips Beli Kamera Bekas

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Limited Edition
STOK HABIS
Rp 7.350.000
Habis / Nikon D7100
Popular!
Rp 47.000
Ready Stock / Sport Case Smartphone
OFF 14%
STOK HABIS
Rp 2.999.000 Rp 3.500.000
Habis / CANON EOS 1100D

BAD BAD BAD – SUPERMAN IS DEAD

Klik Listen in Browser Untuk Mendengarkan
SIDEBAR